Kamis, 01 April 2010

Indahnya Kebersamaan

Pada pembahasan kali ini, penulis akan membahas tentang indahnya kebersamaan.


Bahwa sesungguhnya manusia itu adalah makhluk sosial, yang tidak akan bisa hidup sendiri, manusia selalu membutuhkan pertolongan orang lain(zoon politicon). Walau seberapa kayanya, seberapa hebatnya, seberapa kuatnya, mereka tidak akan mampu hidup sendirian .

Seperti contoh, misalkan anda tinggal di Jakarta anda dibangunkan sebuah Rumah mewah, anda diberi mobil, monas buntel dah bawa pulang, tapi anda hidup di Jakarta sendirian, tanpa anak ,istri ataupun tetangga.Apa yang akan terjadi ? Apakah anda mau yang seperti itu . Tentu anda tidak akan mau, walaupun anda diberi kekayaan yang melimpah luwah , percuma dong kalau kita kaya raya tapi tidak ada tetangga, tidak ada anak isteri, hidup anda akan menjadi hampa, karena tidak ada yang mendampingi hidup anda.

Itulah sebuah gambaran bahwa betapa pentingnya kita harus menjaga kerukunan terhadap anak isteri kita ataupun terhadap tetangga , bahwa hidup akan lebih bermakna dan berwarna kalau di samping kita ada yang mendampingi, entah itu isteri,anak, ataupun tetangga. Sedangkan pengertian dari keluarga itu sendiri adalah orang yang paling dekat dengan kita,yang trerus memotivasi kita terus sampai akhir hayat. Dan pengertian dari tetangga adalah orang yang hidup di sekeliling kita, dan menjadi bagian dari hidup kita .

Apasih artinya sebuah kekayaan, kalau didalam perjalanan hidup kita tidak ada yang dapat memotivasi kita. Kekayaan bisa dicari selama kita masih mau berbuat dan mempunyai semangat untuk bekerja. Jika kita bekerja setiap hari peras keringat banting tulang, tapi kita belum juga mendapatkan apa yang telah kita harapkan(tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari). Misalkan kita mau membeli rokok, tapi keaadaan rumah sedang tidak ada apa-apa( tidak ada uang,beras, ataupun yang lainnya), kita tidak boleh marah-marah terhadap anak/isteri kita, kita jangan sedikit sedikit marah. Yang namanya orang hidup pasti ada kalanya kita jaya(mempunyai banyak harta/uang),dan ada kalanya kita mengalami kesusahan. kita tidak akan jaya terus dan tidak akan susah terus. Jika kita sedang diatas (jaya) kita harus bersyukur kepada ALLAH SWT dan jangan lupa terhadap orang-orang yang ada dibawah sana, dan jioka kita sedang ada dibawah, kita jangan putus asa dan kita harus bersabar. Dan yang membuat kita jadi lebih semangat untuk bekerja adalah keluarga(ank,isteri). Tentu anda akan berfikir, buat apa sih bekerja susah payah, peras keringat banting tulang, sedangkan isteri dan anak kita tidak ada (karena kecerobohan kita telah menyia-nyiakan keluarga).
Itu juga yang dapat membuat kita menjadi malas bekerja. itulah pentingnya kita menjaga sebuah kerukunan terhadap keluarga ataupun terhadap tetangga. Semoga kita semua termasuk orang yang terus menjaga kerukunan terhadap keluarga dan ataupun tetangga.

Sekian pembahasan dari saya, kurang lebihnya saya mohon ma'af, Wabillahi taufiq walhidayah.
Bila ada kata-kata yang tidak nyambung saya mohon maaf,saran dari anda akan menjadi motivasi buat saya.


Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar